Micro USB Charging Port di HP Rusak, Apa Penyebabnya?


Semua orang pastinya tahu apa itu Micro USB Charging Port. Micro USB Charging Port adalah port yang digunakan untuk mengisi daya baterai. Bentuk Micro USB dapat berbeda-beda, namun sekarang sudah ada dua micro USB yang lazim dipakai di smartphone, yaitu micro USB milik Android dan Apple.

MicroUSB Charging Port merupakan sparepart vital dalam sebuah smartphone. Tanpanya, HP kita tidak akan bisa mengisi daya baterai tanpa melepas baterai dari HP tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa sparepart tersebut adalah salah satu sparepart HP yang paling mudah rusak?

Parahnya lagi, apabila charging port HP yang rusak tidak segera direparasi, dampaknya bisa sangat buruk. Contohnya, baru-baru ini charging port HP saya rusak. Karena charging port rusak, saat di-cas HP tersebut akan putus-nyambung-putus-nyambung. Nah, karena hal itu terjadi terus-menerus, maka lama-kelamaan Integrated Circuit (IC) HP tersebut akan rusak. Akhirnya, tanpa tindakan penanggulangan, baterai HP saya pun rusak karena sering drop.

Apabila charging port sepenting itu dan rusak semudah itu, apa saja hal-hal yang menyebabkan charging port smartphone rusak? Simak pembahasan berikut

1. Charging Port Kotor/Berdebu

Di kebanyakan HP, charging port ter-ekspos dengan lingkungan luar. Hal ini menyebabkan kemungkinan masuknya partikel-partikel kecil ke dalam charging port. Partikel-partikel kecil tersebut memang tidak akan menimbulkan masalah dalam jangka pendek. Namun, lama-kelamaan partikel-partikel kecil tersebut semakin menumpuk dan akan menghalangi masuknya kabel sehingga koneksi kabel pun terganggu. 

Hal tersebut kini sudah dapat diantisipasi oleh pengusaha pabrikan dengan memberi pelindung pada Micro USB Charging Port pada saat charging port tidak digunakan. Dengan begitu, kemungkinan masuknya partikel-partikel kecil ke dalam USB Port akan semakin kecil. 

Charging Port yang kotor dan berdebu dapat dibersihkan menggunakan tusuk gigi yang sudah diiris sehingga menjadi cukup tipis dan mampu masuk ke dalam USB Port. Langkah-langkah membersihkan USB Port yang kotor adalah sebagai berikut:
  1. Pertama-tama, ambil tusuk gigi yang akan digunakan sebagai pembersih USB Port.
  2. Ambil cutter atau gunting, iris tusuk gigi sehingga menjadi cukup tipis untuk dapat masuk ke dalam USB Port
  3. Masukkan tutuk gigi ke dalam USB Port, coba keluarkan semua debu dan kotoran yang ada di dalam USB Port.

2. Menggunakan HP saat di-charge

Saat HP sedang di-cas, ada baiknya apabila kita tidak menggunakan HP tersebut untuk sementara waktu. Menggunakan HP saat di-cas dapat berakibat pada longgarnya USB Port hingga kabel USB Port yang bermasalah. Apalagi apabila USB Charging Port kita berada di atas atau bawah HP sedangkan kita sedang bermain game dalam mode Landscape. Berbagai gerakan yang dihasilkan akan menyebabkan kabel USB juga bergerak sehingga akan merusak USB Charging Port semakin cepat. 

3. Menggunakan Power Bank 

Power Bank adalah alat untuk mengecas HP apabila kita sedang bepergian. Power Bank adalah salah satu alternatif mumpuni untuk mengecas HP. Namun, power bank dapat merusak USB Port apabila kita menggunakannya dengan cara yang salah. Power Bank memang dibuat sebagai mobile charging. Jadi, kita bisa menggunakannya sambil berjalan-jalan bahkan saat kita sedang lari. Namun, saat kita menggunakan power bank lalu memasukkannya ke dalam tas, pergerakan kita akan cenderung membuat power bank beserta HP kita untuk bergerak dari posisi, yang mengakibatkan tergeraknya juga kabel USB. Lama kelamaan, USB Port dapat menjadi longgar dan sulit untuk di-cas. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan menggunakan power bank saat Anda sedang banyak bergerak.

Bagaimana Cara untuk Memperbaiki USB Charging Port yang Rusak?

Ada berbagai penyebab HP tidak dapat di-cas, seperti yang telah saya uraikan di atas. Dalam kenyataannya, banyak pula tipe kerusakan yang menyebabkan HP tidak dapat di-cas, seperti kotor dan berdebu, USB Port yang longgar, kabel port yang bermasalah, dan lain-lain.

Berikut adalah tips untuk memperbaiki HP yang tidak bisa di-cas

1. Apabila USB Charging Port Kotor atau Berdebu

USB Charging Port yang kotor dan berdebu tergolong masalah yang ringan. Charging Port yang kotor dan berdebu dapat dibersihkan menggunakan tusuk gigi yang sudah diiris sehingga menjadi cukup tipis dan mampu masuk ke dalam USB Port. Langkah-langkah membersihkan USB Port yang kotor adalah sebagai berikut:
  1. Pertama-tama, ambil tusuk gigi yang akan digunakan sebagai pembersih USB Port.
  2. Ambil cutter atau gunting, iris tusuk gigi sehingga menjadi cukup tipis untuk dapat masuk ke dalam USB Port
  3. Masukkan tutuk gigi ke dalam USB Port, coba keluarkan semua debu dan kotoran yang ada di dalam USB Port.

2. Apabila USB Charging Port Longgar

USB Charging Port yang terlalu sering digerakkan saat ada kabel yang menancap akan menyebabkan longgarnya USB Charging Port sehingga kabel tidak akan dapat masuk secara pas. Berikut adalah cara mengetatkan USB Charging Port:
  1. Sediakan double tape yang cukup tebal dan kuat
  2. Gunting double tape sesuai dengan ukuran USB Charging Port
  3. Lubangi double tape sesuai dengan ukuran USB
  4. Masukkan double tape ke dalam charging port
  5. Apabila tidak tersedia double tape, cari isolator apapun yang berukuran kecil dan mampu diubah bentuknya

3. Apabila Kabel USB Charging Port Terkelupas/Rusak

Terkadang, kabel yang menghubungkan micro USB Charging Port terkelupas atau putus. Apabila terjadi hal tersebut, yang bisa kita lakukan hanyalah dengan mengganti USB Charging Port. Caranya adalah dengan membuka cover HP kita dan mengganti kabelnya. Biasanya, toko reparasi elektronik menyediakan layanan untuk menggantikan USB Charging Port dengan harga yang relatif terjangkau. Durasi reparasi ini memakan waktu sekitar 6 jam hingga beberapa hari.

4. Apabila Integrated Circuit (IC) HP Rusak

Seringnya putus-nyambung-putus-nyambung saat mengecas HP akan menyebabkan Integrated Circuit (IC) HP rusak. Apabila hal tersebut terjadi, yang bisa kita lakukan adalah mengganti Integrated Circuit (IC) HP kita. Durasi reparasi ini memakan waktu sekitar satu hari dengan ongkos sekitar 100 ribu rupiah.

5. Apabila Terjadi Hal Lain

Cara paling sederhana untuk mereparasi masalah charging pada HP adalah dengan membawanya ke tukang servis dan menanyakan kemungkinan untuk mereparasi HP. Ingat! Jangan langsung percaya kepada perkataan tukang servis. Coba telaah dulu perkataannya dan pikirkan kembali apakah masuk akal hal tersebut terjadi kepada HP Anda. Saat ini, banyak tukang servis yang 'menambah-nambah' kerusakan suatu HP sehingga hal yang perlu direparasi menjadi semaking banyak. Alhasil, biaya reparasi pun akan membengkak.







Comments