Ini Dia Tips Bagi Pelajar untuk Menghasilkan Uang Secara Online

Pelajar Pekerja
Banyak orang berpendapat bahwa masa kanak-kanak dan remaja merupakan masa konsumtif, sedangkan masa dewasa adalah masa produktif. Pernyataan tersebut sebenarnya bukan sepenuhnya salah. Anak-anak dan remaja cenderung bersikap konsumtif karena mereka 'bekerja' sebagai seorang pelajar penuh waktu. Hal tersebut telah menguras waktu dan tenaga mereka untuk melakukan hal-hal lain, apalagi ditambah dengan banyaknya kursus tambahan.


Pada kenyataannya, banyak pula anak-anak dan remaja yang telah memasuki masa produktif mereka di usia yang terbilang cukup muda. Sebut saja artis cilik atau penyanyi cilik. Meskipun masih banyak pengeluaran yang harus mereka habiskan, mereka sudah mulai meniti karir mereka di usia yang cukup muda.

Apabila anak Anda atau Anda cukup beruntung, Anda dapat menjadi seorang artis. Namun, bagaimanakah nasib orang-orang awam? Tenang, masih banyak lapangan pekerjaan yang mampu menghasilkan. Pada post kali ini, saya akan berfokus mengenai lapangan pekerjaan bagi pelajar melalui basis internet. Berikut adalah beberapa job field bagi pelajar secara online:

1. Menjadi Seorang Youtuber

Youtuber adalah orang atau kelompok yang mengupload video di Youtube. Dapat dikatakan bahwa pekerjaan sebagai Youtuber adalah semacam jalan pintas untuk menghasilkan uang apabila subscriber dan viewernya sudah banyak. Sebut saja Youtuber paling top, yaitu PewDiePie. PewDiePie menghasilkan sekitar 4 juta dolar pada tahun 2013, atau 52 miliar rupiah! PewDiePie memang sudah berkutat di Youtube selama bertahun-tahun. Dari Youtuber underdog, ia pun merangkak menjadi Youtuber terbaik. Adapula Youtuber dalam negeri yang terbilang cukup sukses, seperti ChandraLiow beserta timnya Tim2One, Edhozell, dan lain-lain.

Pekerjaan sebagai seorang Youtuber dimulai dengan hobi. Orang yang suka untuk bercerita, melakukan aksi-aksi, dan hal-hal lain yang dapat direkam. Setelah seorang Youtuber mampu mencapai jumlah subscriber tertentu, Google akan menyediakan suatu layanan yaitu Google Adsense. Apabila akun Google Adsense Anda sudah berhasil di-approve oleh Google, barulah hobi Anda berubah menjadi pendapatan. Seorang Youtuber mampu menghasilkan sekitar satu hingga tiga ribu US dollar (USD $1-3000 ) setiap minggunya. 

Selain menampilkan iklan, seorang Youtuber juga mampu menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk-produk miliknya, mengendorse merk-merk, dan lain-lain

2. Mulailah Membuat Blog

Apabila Anda senang bercerita dan menulis artikel, maka menulis blog adalah kegiatan yang cocok untuk Anda. Anda dapat menulis blog di berbagai macam platform, seperti Blogger, Wordpress, Wix, dan lain-lain. Blogging dapat menghasilkan uang dengan banyak cara, dari menampilkan iklan (ads), mempromosikan barang, hingga sistem membership dengan layanan berbayar (premium member) Seorang Blogger (sebutan untuk orang yang menulis blog) dapat menghasilkan dari satu hingga sepuluh ribu US dollar (USD $1-10.000) setiap bulannya.

Sama juga seperti Youtuber, kebanyakan blogger juga memulai karir mereka sebagai hobi. Dari hobi untuk menulis artikel dan berbagi opini, lama-kelamaan mereka dapat menghasilkan uang dari hobi mereka. Google menyediakan layanan Pay per Click (PPC) untuk setiap iklan yang di-klik. Selain itu, terdapat pula berbagai layanan penyedia iklan selain Google Adsense. Namun, kebanyakan iklan tersebut tidak terlalu menjual, karena harga yang dibayarkan dapat dibilang tidak sebanding dengan viewer yang mengunjungi blog kita.  

3. Pintar di Bidang Akademik? Yang Satu Ini Pasti Cocok Untukmu

Apabila Anda tidak percaya diri untuk tampil di video Youtube atau tidak pandai membuat artikel yang menarik namun pintar di bidang akademik (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), maka Studypool, Freelancer, dan Fiverr adalah tempatnya.

Di Studypool, Freelancer, dan Fiverr, soal-soal diajukan dengan sistem lelang. Sistem lelang yang dimaksud adalah para tutor memasang harga yang mereka kehendaki, dan klien akan memilih satu tutor dengan harga, reputasi, dan waktu pengiriman tugas yang paling cocok bagi mereka. Saya sendiri menggunakan Studypool. Menurut saya, Studypool menyediakan sistem yang ketat sehingga tidak akan ada klien scammers atau tutor yang tidak berkualitas. Apabila Anda tertarik untuk menjadi tutor di Studypool, anda dapat mengeklik link berikut: https://www.studypool.com/?aid=gilbertlzrus

Tugas-tugas yang diajukan pun beragam, mulai dari matematika dan sains, penulisan proposal maupun laporan, hingga pertanyaan-pertanyaan umum. Nah, di sini kebanyakan murid berasal dari Amerika Serikat, yang berarti kebanyakan tugas mereka harus dikerjakan dalam Bahasa Inggris. 

4. Punya Banyak Waktu? Ikuti Cara-Cara Ini!

Apabila Anda tidak suka direkam, menulis artikel, maupun pelajaran-pelajaran sekolah, Anda dapat menghasilkan uang dengan cara mengikuti survey online, mengikuti program pay per click (PPC), dan lain-lain. Program PPC yang diajukan di sini berbeda dengan layanan iklan pada Blogger dan Youtuber yang saya sebutkan di atas. Apabila Blogger dan Youtuber berperan sebagai penyedia wadah untuk iklan, maka pengikut program PPC ini dikontrak untuk mengklik yang diminta, seperti like post Facebook, Instagram, follow akun Instagram, dan lain-lain. 

Penyedia layanan PPC contohnya adalah LikesRock, ClixSense dan Swagbucks. Di sini, Anda akan dibayar apabila Anda mengklik link yang diminta. Bayaran untuk setiap link yang diklik berkisar antara USD $0,001 hingga USD $1. Selain itu, Anda juga dapat mengerjakan tawaran-tawaran yang diajukan oleh penyedia layanan tersebut seperti menonton video, mendengarkan streaming musik atau radio FM, dan lain-lain. 

Selain program PPC, Anda juga dapa mengikuti survey online. Beberapa penyedia layanan survey online adalah GlobalTestMarket, ClixSense, dan Swagbuks. Di sini, Anda diwajibkan untuk mengisi survey sejujur-jujurnya dan selengkap-lengkapnya. Harga yang dibayarkan apabila Anda berhasil menyelesaikan survey beragam, mulai dari USD $0.1 hingga USD $2.

5. Suka Menulis? Jadilah Penulis Ebook!

Apabila Anda tidak cocok dengan tipe penulis artikel pendek, namun Anda senang menulis cerita-cerita fiksi maupun non-fiksi yang panjang, maka penulis e-book adalah jawaban yang tepat bagi Anda. Setelah Anda menulis e-book, Anda dapat menjualnya di eBay.com, Amazon Kindle, dan lain-lain. Di sini, apabila hasil karya Anda menarik, maka pembeli akan berdatangan dan melelang karya Anda. Harga tertinggilah yang menang dan mendapatkan karya Anda.

6. Suka Main Game? Ini Jawabannya!

Apabila Anda pecinta game, maka ada beberapa cara bagi Anda untuk mendapatkan uang. Anda dapat mengupload video walkthrough dan gameplay dari game-game yang sedang trending di Youtube atau menulis tips dan trick serta info-info yang dapat membantu para gamers di Blog. Selain itu, Anda juga dapat menjual akun game Anda melalui market tertentu seperti G2G dan PlayerAuctions. Namun, sebelum menjual, pastikan dulu bahwa dalam Terms and Conditions serta Privacy Policy tidak terdapat larangan untuk menjual akun game.

Banyak jalan menuju Roma. Oleh karena itu, masih banyak cara yang dapat dilakukan oleh anak-anak dan remaja untuk menghasilkan uang. Telusurilah bakatmu dan mulailah mengembangkannya! Kesuksesan sudah di depan mata. 

Comments